Begini Meriahnya Festival Layang-layang Cipatujah

Festival layang-layang Hiasi Langit Pantai Pasanggrahan, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Rabu, 31 Agustus 2016. Puluhan layang-layang mulai dari kupu-kupu raksasa, ikan Nemo, layang-layang raksasa spinar Pelangi, hingga layang-layang terpanjang bernama train diamond menjadi daya tarik ribuan pelancong yang khusus datang pada rangkaian gelar budaya yang digelar Pemkab Tasikmalaya tersebut.

Salah seorang peserta festival layang-layang, Pupung (18) dari Pangandaran, mengaku rutin mengikuti festival layang-layang di Pantai Cipatujah. Kali ini, ia menerangkan layang-layang setan kait.

“Ini lagi tidak ada angin, jadi susah menerbangkannya,” ucap Pupung saat dijumpai “PR” di Pantai Cipatujah.

Penyelenggara Festival Layang-layang Cipatujah Kokos mengatakan, ada sekitar 40 layang-layang yang diterbangkan pada festival layang-layang Cipatujah. Peserta festival kali ini berasal dari beberapa daerah seperti Pangandaran, Cilacap, Yogyakarta, dan Bandung.

“Sayangnya tidak ada dari Tasikmalaya, kita tidak tahu kenapa tidak ada yang mendaftar,” kata Kokos.

Festival Layang-layang kali ini, kata Kokos terbilang istimewa, pasalnya ada peserta yang akan menerbangkan layang-layang raksasa warna-warni bernama spiner. Selain itu ada layang-layang warna-warni sepanjan 250 meter yang baru kali ini diterbangkan di festiva layang-layang Cipatujah Mengenai penilaiannya sendiri, kata Kokos, ada tiga aspek yakni paduan warna, keindahan, dan kerapihan.

“Ini acara bagus untuk menarik wisatan. Terlihat lebih ramai dari tahun sebelumnya karena digabungkan dengan acara balap kerbau dan helaran budaya. Mudah-mudahan helaran seperti ini bisa sering digelar,” ucap Kokos.

Selain festival layang-layang, Kabupaten Tasikmalaya juga menggelar balap munding, dan helaran budaya. Masing-masing peserta dari 39 kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya menunjukkan kesenian khas daerah mereka.

Kepala Pengembangan Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya Taufik mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian promosi wisata di wilayah perairan selatan Tasikmalaya. Dia mengharapkan, kegiatan tersebut dapat meningkatkan kunjungan wisatawan yang terbilang masih rendah.

“Tahun ini lebih ramai dari tahun sebelumnya. Ribuan pengunjung dari Tasikmalaya hingga daerah lain turut berkunjung. Mudah-mudahan even ini bis mengenalkan wisata laut Tasikmalaya,” ucap Taufik.***

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2016/08/31/begini-meriahnya-festival-layang-layang-cipatujah-378783

Posted on: Agu 31, 2016, by : mitra-sdm

Tinggalkan Balasan