Pemprov Jabar Gelar Bandung International Arts Festival 2016

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat menggelar Bandung International Digital Arts Festival (BIDAF) 2016. Kegiatan yang diselenggarakan untuk yang ketigakalinya tersebut akan dilaksanakan pada 15 Juli-17 Juli 2016, di Bandung Convention Centre, Jalan Soekarno Hatta 354.

Dalam kegiatan tersebut akan disuguhkan pameran video art, robotic art, seni instalasi, fotografi digital, animasi, video game, seminar, dan workshop. Adapun peserta yang sebanyak 75 komunitas seni digital dalam dan luar negeri.

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan, kegiatan tahun ketiga BIDAF‎ tersebut lebih besar dari dua kali penyelenggaraan sebelumnya. Hal itu dilihat dari lokasi festival dan banyaknya minat pelaku seni digital yang ingin terlibat dalam kegiatan tersebut.

Lebih jauh, Deddy menilai festival tersebut penting terutama untuk diterapkan dalam industri atau ekonomi kreatif di Jabar. Melalui festival tersebut akan menjadi inspirasi sehingga bisa dipelajari dan dijadikan bahan sebagai industri kreatif masa depan.

“Perkembangan digital art ini tidak bisa dipungkiri, pasar sudah mulai berkembang terutama dengan menggunakan senidigital seperti ini, eranya pasti datang, tidak bisa dihindari. Jangan sampai kita hanya jadi sasaran empuk pasar,”kata Deddy, di Gedung Sate, Selasa (12 Juli 2016).

Sementara itu, Director BIDAF 2016 Franki Raden mengatakan, pada tahun ketiga ini pihaknya akan mengembangkan program, jangkauan pertunjukan, dan pengunjung. “Tahun ini perluasan program cukup signifikan. Banyak yang bertanya bagaimana caranya ikut, kita coba juga jangkau dunia pendidikan,”ujar dia.

Sementara itu, Kadisparbud Jabar Ida Hernida mengatakan, anggaran yang digunakan dalam festival tersebut memakan anggaran Rp 1,8 miliar. Menurut dia, pihaknya memfasilitasi masyarakat untuk siap untuk menghadapi persaingan global melalui digital art.***

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2016/07/12/pemprov-jabar-gelar-bandung-international-arts-festival-2016-374482

Posted on: Jul 13, 2016, by : mitra-sdm

Tinggalkan Balasan